Organisasi Kehidupan Keanekaragaman Makhluk Hidup

ORGANISASI KEHIDUPAN 
ORGANISASI KEHIDUPAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

1. Sel 
Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Semua organisme selular terbagi ke dalam dua golongan besar berdasarkan arsitektur basal dari selnya, yaitu organisme prokariota dan organisme eukariota. 

Dinding sel, 
a) Hanya terdapat pada sel tumbuhan, 
b) Bersifat kaku, sehingga memberi bentuk pada sel.

Selaput Plasma 
a) Bersifat semipemiabel, hanya bisa dilalui air dan zat-zat tertentu yang terlarut. 
b) Bersifat untuk mengatur transportasi zat-zat dart sel yang satu ke sel yang lain. 

Proses pembelahan sel 
Siklus sel adalah proses duplikasi secara akurat untuk menghasilkan jumlah DNA kromosom yang cukup banyak dan mendukung segregasi untuk menghasilkan dua sel anakan yang identik secara genetik. Proses ini berlangsung terus-menerus dan berulang (siklik). 

Pertumbuhan dan perkembangan sel tidak lepas dari siklus kehidupan yang dialami sel untuk tetap bertahan hidup. Siklus ini mengatur pertumbuhan sel dengan meregulasi waktu pembelahan dan mengatur perkembangan sel dengan mengatur jumlah ekspresi atau translasi gen pada masing-masing sel yang menentukan diferensiasinya. 

Sitoplasma adalah zat semi-cairan dari sel yang hadir dalam membran sel dan mengelilingi membran nukleus. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai isi non-inti dari protoplasma. Semua isi seluler dalam organisme prokariota yang terkandung dalam sitoplasma sel. Dalam organisme eukariot, Inti sel dipisahkan dari sitoplasma. Sitoplasma adalah cairan kental dan semitransparan.

Di dalam sitoplasma terdapat organel-organel sel berikut ini: 
  1. Mitokondria, berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi untuk menghasilkan energi. 
  2. Plastida, di dalamnya terkandung kloroplas yang mengandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis. 
  3. Vakuola, berfungsi menyimpan zat makanan. 
  4. Ribosom, sebagai tempat berlagsungnya sintesis protein. 
  5. Retikulum endoplasma, dibedakan menjadi dua : 1) Retikulum Endoplasma Kasar, sebagai tempat melekatnya ribosom.  2) Retikulum Endoplasma Halus. 
  6. Badan Golgi, berfungsi secara aktif dalam sekresi dan sintesis polisakarida. 
  7. Lisosom, berperan dalam proses pencernaan, menghasilkan zat imun, bersifat autolisis, autofagi, dan menghancurkan makanan secara eksositosis. 
  8. Sentriol, hanya dapat ditemui pada sel hewan. Sentriol adalah lingkaran kecil yang terletak pada salah satu kutub inti. Gunanya untuk membentuk benang-benang spindel. 
• Inti sel (nukleus) adalah untuk mengatur seluruh kegiatan sel. 
Berikut ini bagian-bagian yang ada pada inti sel:
    • Selaput inti, berfungsi melindungi inti dan tempat keluar masuknya substansi inti. 
    • Kromosom, berfungsi sebagai materi genetik yang merupakan badan pembawa sifat menurun yang didalamnya terdapat gen. 

    2. Jaringan 
    Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. Untuk dapat membentuk suatu jaringan, sel mengalami perubahan bentuk dan fungsinya (spesialisasi). Ilmu yang mempelajari tentang jaringan disebut histology.
    A. Jaringan pada hewan dan manusia 
    • Jaringan otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang tugasnya menggerakan berbagai bagian tubuh. Jaringan otot yang terdiri dari otot rangka, otot polos, dan otot jantung. 
    • Jaringan saraf berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasi segala aktivitas tubuh. Sel saraf terdiri atas badan sel yang memiliki banyak cabang. 
    • Jaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi atau menutup permukaan tubuh, organ tubuh, rongga tubuh, atau permukaan saluran tubuh hewan. 
    • Jaringan ikat yang meliputi jaringan tulang, jaringan darah, dan linfa. 
    B. Jaringan pada tumbuhan. 
    • Jaringan dasar (parenkin), merupakan jaringan yang besar yang terdapat pada tumbuhan. 
    • Jaringan penunjang (penyokong), berfungsi untuk menunjang agar tumbuhan dapat kokoh. 
    • Jaringan pelindung (epidermis), yang berfungsi untuk melindungi jaringan lainnya. 
    • Jaringan pengangkut yang terdiri dari xylem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Fungsi jaringan xylem adalah untuk mengangkut air dan zat hara dalam tanah melalui akar, batang menuju ke daun. Dan hasil fotosintesis akan disalurkan ke seluruh tubuh tumbuhan melalui floem. 

    3. Organ 
    Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
    Organ tubuh mungkin hanya terdiri dari satu macam sel (contoh : otot) atau terdiri dari banyak tipe sel (contoh : mata). Sekumpulan organ yang berkaitan dalam suatu fungsi (berfungsi sama) merupakan suatu system organ 

    Organ pada tumbuhan, memiliki 3 organ utama saja, antara lain: 
    • Akar berfungsi sebagai Sebagai penyokong Batang Tumbuhan, tempat melekatnya tumbuhan pada media (tanah) karena memiliki kemampuan menerobos lapisan-lapisan tanah, Menyerap garam mineral dan air melalui bulu-bulu akar. 
    • Botany berfungsi sebagai Penyokong atau Penopang, Sarana Transportasi atau Pengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun melalui pembuluh xylem untuk proses fotosintesis. 
    • Daun berfungsi sebagai organ pernafasan daun, Tempat terjadinya transpirasi, Tempat terjadinya gutasi, Alat perkembangbiakkan vegetatif. 

    4. Sistem Organ 
    Sistem organ adalah organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi tertentu pada tubuh organisme. 

    Sistem organ pada hewan dan manusia, yaitu meliputi: system pengangkut (transportasi), system pengeluaran (eksresi), system pernapasan (respirasi), system gerak, system reproduksi, pencernaan, dan syaraf (koordinasi). Sistem organ pada tumbuhan, hanya dapat dilumpai di tumbuhan berpembuluh, pada organ berpembuluh akar, batang, dan daun membentuk sistem organ transportasi. 

    5. Organisme 
    Organisme adalah kumpulan beberapa sistem organ yang saling berhubungan dan bekerja sama dan akan membentuk suatu organisme atau makhluk hidup yaitu hewan (manusia) dan tumbuhan. 
    loading...

    0 Response to "Organisasi Kehidupan Keanekaragaman Makhluk Hidup"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel